Cara Jitu Promosi Hotel lewat Sosical Media
Era Internet saat ini membuat hampir semua orang memiliki Social Media, baik anak jaman now ataupun para generasi jaman old yang perlahan mengikuti perkembangan jaman. Dengan melebarnya segmen pengguna Social media otomatis Social media saat ini menarik untuk dijadikan sarana promosi bahkan berjualan. Tentu saja termasuk dunia perhotelan dapat juga memanfaatkan Social Media untuk meningkatkan brand awareness. Untuk awalnya Hotel harus memulai membuat Social Media Offical yang pastinya dikendalikan oleh Divisi Promosi atau biasanya dihandle oleh Divisi Marketing Communication .Promosi digital melalui Social Media yang paling mudah dengan pengguna yang terhitung banyak saat ini adalah :
- Facebook
Secara global, Facebook kini memiliki 1,28 miliar pengguna aktif setiap bulan. Secara khusus, jumlah seluruh pengguna Facebook yang ada di Indonesia kini mencapai 69 juta orang, Indonesia memang diakui sebagai salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Dan apasajakah yang bisa dilakukan melalui Facebook untuk mempromosikan Hotel antara lain adalah :- Facebook Page
Menggunakan facebook promosi dapat dilakukan melalui Facebook personal, Facebook Fanpage dan Facebook Group. Namun untuk segmen Bisnis selevel dunia perhotelan disarankan menggunakan Facebook Fanpage, karena selain Fanpage juga akan lebih terkesan professional, fasilitas Fanpage lebih banyak memberi keuntungan antaralain Jumlah Fans tidak terbatas, tidak ada Batasan Tag, Dapat Ter-index Oleh Search Engine - Facebook Ads
Facebook juga menyediakan bentuk promosi yang berbayar, kelebihan Facebook Ads kita sebagai pengiklan dapat memilih target market berdasarkan Umur, Penghasilan, Jarak Radius dan Lokasi.
- Facebook Page
- Instagram
Saat ini saja, Secara keseluruhan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai kisaran 800 juta, menurut keterangan Carolyn Everson, Vice President Global Marketing Solutions Facebook selaku perusahaan induk Instagram. 75 persen pengguna Instagram langsung bereaksi terhadap iklan di Instagram, misalnya dengan mengunjungi situs produk atau layanan tersebut. Karena hal tersebut Instagram tak kalah dengan Facebook, Instagram saat ini merupakan tools promosi social media yang paling banyak diminati. Promosi melalui Instagram terkesan lebih simple dan kreatif sehingga yang melihat promosi kita tidak bosan. Banyak cara promosi juga yang dapat digunakan di Instagram antara lain adalah :- Instastory
Melalui Instastory kita bisa menampilkan Highligt – highlight promosi di waktu waktu tertentu, misal promo-promo food and beverage outlet di hotel. Di Instastory promo dibatasi waktu tayang, tapi cara itu terkadang membuat menjadi penasaran yang melihat. Melalui Instastory kita juga dapat berinteraksi dengan konsumen dan akan langsung masuk di sebagai DM, jadi kita juga bisa langsung membalas. - Giveaway
Ini salah satu promosi dengan memberikan Hadiah untuk konsumen, cara ini bisa digunakan sebagai gimmick yang menarik, contoh , konsumen yang teratrik untuk ikut giveaway ini harus memposting Iklan yang telah ditampilkan ke akun Instagramnya. Kelihatannya simple tapi efek VIRAL nya diperhatikan, jika setiap yang melihat iklan tersebut dan tertarik ikut pasti akan berlanjut memposting di akun Instagramnya. - Endorse Selebgram
Secara konsep cara ini sebenarnya menggunakan Bintang Iklan, tentu saja untuk memilih selebgram sebagai artisnya adalah yang memiliki Followers yang banyak sehingga diharapkan Followersnya tertarik produk yang diiklankan. Pastinya jika menggunakan bintang iklan selebgram harus menyiapkan budget yang lumayan tinggi seperti layaknya membayar seorang artis. - Instagram Ads
Instagram Ads tidak jauh beda dengan Facebook Ads, sehingga memungkinkan anda untuk memperoleh informasi pengguna instagram yang sangat spesifik. Instagram Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Hal ini memungkinkan anda untuk menempatkan iklan anda langsung di depan target market yang anda bidik.
- Instastory
Kunci dari Promosi Social Media yaitu menambah sebanyak banyaknya Followers di social media kita. Semakin banyak dipastikan juga setiap posting Hotel akan terbaca di Feed semua followers.Dan untuk selanjutnya MarComm harus rutin untuk terus memposting Iklan , event, atau berita dari Hotel agar awareness di masyarakat semakin melekat. Kreatifitas promosi Hotel melalui Social media dapat juga melibatkan tamu untuk turut mempromosikan berdasarkan experience setelah datang sebagai tamu Hotel melalui akun Sosial Media pribadi mereka dan Hotel bisa mengapresiasikan dengan hadiah ketika tamu tersebut menggunakan tagar ke akun social media official Hotel. Untuk mendukung aktifitas tersebut Hotel harus memiliki Koneksi Internet yang stabil , sehingga tamu dapat melakukan posting experience dengan cepat dan tentu saja Hotel akan secara viral ikut dipromosikan.
Menggunakan social media marketing untuk hotel sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan.Ketika Anda sudah bisa memahami budaya social media,dengan dukungan koneksi Internet yang stabil dan lancar, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk dapat menggunakannya untuk kepentingan bisnis, bukan tidak mungkin bahwa pendapatan optimum dan tingkat okupansi yang tinggi hanya beberapa langkah di depan mata.
No comments